Senin, 07 Mei 2012 di 07.33 Diposting oleh M_Alihartono 0 Comments


Vengeful spirit adalah ganker-roamer, yang termasuk paling hebat untuk peranan itu. Dia hero yang fleksibel, satu waktu menjadi ganker-roamer dan support, tapi bisa menjadi carry-killer kapan saja potensi DpS nya dibutuhkan.

Yang menonjol dari venge itu kemampuan gankingnya, disitulah potensi utamanya. punya stun bertarget dengan damage yang menyakitkan, skill membuka FoW , dan ulti nether swap membuat dia bertukar posisi dengan target. Tidak ada orang yang meragukan kehebatan ganking hero ini, karena dia setara dengan ganker berkelas tinggi lainnya.

Tapi ada satu skill yang ‘sedikit berbeda’, membuat build venge sering diperdebatkan dimana-mana. Dari empat skill 3 diantaranya mendukung kemampuan ganking, sementara satu lagi yaitu command Aura yang menambah DpS adalah skill yang biasanya dimiliki hero carry, dan tidak umum dimiliki ganker. Lalu kenapa hero yang punya natural DpS ini dibuild Ganker-support? Nah.. disitulah menariknya Vengeful spirit, dan kamu akan menemukan jawabannya melalui Guide ini.. :)
Keunggulan dan Kelemahan


Keunggulan
Salah satu hero ganker terbaik
Stun dengan damage yang sakit
Bisa menukar posisi dengan musuh.
Bisa mengurangi armor musuh, dan membuka map.
Sedikit kemungkinan kabur darinya
Badan yg kecil dan samar membuatnya sulit terlihat di war


Kelemahan
HP nya tipis dan gampang di kill
Kalau salah perhitungan, ultinya bisa jadi bencana
Sering jadi sasaran utama dan pertama musuh.
Attack range yang cukup dekat.
ga bisa pake kelen’s dagger

Skill
Magic Missile [C]


A magic missile is thrown at an enemy unit, causing damage and stun.

Level 1 - Deals 100 damage and Stun for 1.45 seconds
Level 2 - Deals 175 damage and Stun for 1.55 seconds
Level 3 - Deals 250 damage and Stun for 1.65 seconds
Level 4 - Deals 325 damage and Stun for 1.75 seconds

Casting range : 500
cooldown :10 seconds.
Mana Cost : 110/120/130/140


Info
- Skill ini di block oleh Linken’s Sphere
- Tipe damage Magical


Penjelasan
Magic missile (MM) adalah skill stun ‘bertarget’. skill ini berguna untuk nuke, disable, last hit, dan buka bokongan. Untuk defensive juga bisa.. misalnya sebagai alat buat kabur dari kejaran atau menolong teman.

Spoiler Screenshot




MM Ini yang akan menjadi skill utama, venge sangat diandalkan menjadi ganker utama karena skill ini. sebenarnya MM boleh dispam karena semakin sering digunakan musuh akan semakin hati-hati mengambil tindakan dan itu sangat menguntungkan untuk mendominasi musuh sejak early.

kapanpun kamu melihat musuh jangan berhenti ngespam MM, combokan dengan stun temanmu, cicil, kill, gunakan terus.., jangan sampe mana berhenti regen (full) tapi jangan lupa selalu isi mana dengan clarity, wand, bottle, soul ring, apapun yang penting kamu BISA ngespam skill ini di early-mid, karena disitu satu-satunya kesempatanmu ngespam MM untuk membuat musuh menjadi suram.

Cast Range, durasi stun dan cooldownnya memang standar, yang membuat stun ini termasuk yang paling difavoritkan adalah damagenya, bisa dilihat itu sangat sakit! Melebihi hampir semua damage stun lainnya.

Spoiler Screenshot




Damage segitu cukup untuk membunuh hero-hero tipis dan setengah Hp di early. Dan untuk cooldown yang hanya 10 detik semua level, kamu bisa menggunakan MM dua kali untuk setiap war atau bokongan, dengan total durasi sangat mematikan. Jadi untuk mengoptimalkan potensi itu melakukan roaming adalah jalan terbaik.

Efek stun sama seperti lainnya, target disable atau tidak bisa melakukan apapun selama durasi tepat setelah MM ini mengenai target. Jadi gunakan juga untuk menghentikan channeling spell dan teleport. Ada beberapa skill yang menjadi counter dari skill-skill bertarget untuk ngeblock MM, selain linken sphere lihat juga yang lainnya di bagian Enemies.


Wave of Terror [E]


Shendelzare lets loose a wicked cry, terrorizing enemy units. Their armor is reduced.

Level 1 - Reduces base armor by 2. Deals 25 damage
Level 2 - Reduces base armor by 3. Deals 50damage
Level 3 - Reduces base armor by 4. Deals 75 damage
Level 4 - Reduces base armor by 5. Deals 100 damage

Duration : 20 seconds
AoE : 300
Casting range : 1400
Cooldown : 15 seconds
Mana Cost : 40


Info
- Wave akan memberikan vision sepanjang AoE nya
- Tidak diblock spell immunity
- Tipe damage: Hp Removal!


Penjelasan
Wave of terror (WoT) adalah skill area yang menghasilkan efek nuke dan minus armor, tapi karena panjang rangenya yang mencapai 1400 Terror lebih digunakan sebagai skill Scouting atau membuka FoW, Seperti untuk melihat kemungkinan bokongan dari arah hutan atau melihat jumlah hero musuh yang akan melakukan defense, bahkan digunakan sebelum war dimulai.

Spoiler Screenshot




Efek minus armornya area dan panjang pula, kamu bisa membuat semua musuh terkena efek WoT kalau mereka tidak berjauhan, lihat panjang range dan AoE nya..

Spoiler Screenshot




durasinya juga lumayan lama, cukup untuk satu kali war atau bokongan.

Spoiler Screenshot




karena mana cost murah serta cooldown yang tidak lama, sebaiknya dispam juga untuk membuka FoW di hutan, atau dimana saja kalian butuh vision,

Spoiler Screenshot




Melihat kalau musuh ada di roshan, atau mencari musuh yang sedang juking,

Spoiler Screenshot




dan tentunya gunakan juga sesekali ke creep untuk membantu carry kalian farming.


Sebenarnya masih banyak kegunaan lain karena skill ini juga menghasilkan nuke, nuke dengan range dan area yang panjang gunakan untuk menghentikan regen clarity dan healing salve musuh di early (Mereka bakal rugi banyak)

dan jangan lupa juga damage dari skill ini juga bisa men-disable Kelen’s Dagger. di late game.. sebelum initiator ‘melompat’ gunakan dulu WoT ke arah musuh, siapa tahu disana ada sand king yang lagi channeling Epicenter, wakakak


Command Aura [D]


Increases nearby units' damage.

Level 1 - 12% bonus damage
Level 2 - 20% bonus damage
Level 3 - 28% bonus damage
Level 4 - 36% bonus damage

AoE : 900


Info
- Bonus damagenya hanya dihitung dari base damage dan atribute bonus.


Penjelasan
Command Aura (CA) adalah Aura yang menambah damage. Aura semacam ini sebenarnya banyak dimiliki hero lain diantaranya adalah lunar blessing miliki luna dan trushot aura punya traxex. Tapi diantara ketiga aura itu CA memberi bonus damage tertinggi. Baiklah, kembali ke pertanyaan awal kita.. kenapa hero yang punya CA ini tidak dibuild carry, sementara traxex dan luna carry? Makanya, Keep reading!

Spoiler Screenshot




CA sendiri adalah aset termahal untuk DpS tim di late game, memiliki Aura ini di late sama aj memberikan demon edge gratis untuk semua teman. bahkan untuk beberapa hero carry, Increased damage yang dihasilkan dari aura ini bisa setara dengan dua demon edge atau bahkan ‘Rapier’ kalau dikombokan dengan minus armor WoT untuk tiap pukulannya. jadi tidak heran kenapa hero ini sangat sering menjadi rebutan pada First pick captains mode (Kalau tidak di ban), wkwk.

Karena bonus damagenya berdasarkan base damage dan attribute bonus jadi untuk mengoptimalkan potensi Aura ini, beli item-item yang menambah AS dan Attribute bonus untuk masing-masing tipe attribute hero,misalnya hero AGI membeli Eaglehorn,dll

DIantara ketiga skill venge, CA lah yang paling tidak diperhitungkan di early, padahal skill ini juga bisa sangat menguntungkan di early, meski bonus damagenya masih sedikit tapi itu sudah sangat membantu harrassing dan last hit deny rekan selane. Masalahnya adalah aura ini juga dierima unit/creep jadi juga sekaligus mempersulit kalian dengan pergerakan creep yang semakin kuat ngepush.

Luas AoEnya..

Spoiler Screenshot


Nether Swap [W]


Instantaneously swaps positions with a target Hero.

Level 1 - Casting range 600.
Level 2 - Casting range 900.
Level 3 - Casting range 1200.

Casting Range : 600/900/1200
Cooldown : 45 (10*)
Mana Cost : 100/150/200


Info
- Bisa ngeswap Hero magic immune dan teman sendiri.
- pohon-pohon di dekat Venge dan targetnya akan tumbang semua
- ada efek ministunnya, jadi bisa menghentikan channeling spell
- Tidak bisa diblock Linken sphere
- Bisa diimprove dengan Aghanim, cooldown menjadi 10 detik!
- bisa menggagalkan nether strike barathum dan primal split panda kalau digunakan tepat waktu.


Penjelasan

A: “gunanya nether swap?”
B: “Bisa tuker posisi, Nangkep musuh, nolong teman. tapi kalo war malah jadi tumbal :p”

Percakapan yang aneh ==’, yah tapi itu mungkin pendapat sebagian besar orang kalau ditanya apa gunanya nether swap! Oke lihat kembali kalimat terkahir B, karena itu adalah jawaban ‘terkuat’ yang bisa membuat semua orang terdiam saat berdebat soal ‘kenapa Vengeful spirit tidak cocok dibuild carry’

Spoiler Screenshot




Hero yang dibuild carry diharapkan memiliki level yang tinggi, dan ‘spree’ killing yang tinggi. Dan semakin tinggi level dan Spree, semakin banyak juga Exp dan Gold yang didapat musuh kalau terbunuh, sementara venge adalah hero dengan resiko mati pertama sangat tinggi karena Ultinya, betul? Nah, Jadi buat kamu yang masih ngebuild venge menjadi carry, Tidakkah terpikir oleh agan.. Itu malah menguntungkan musuh :)

Nether swap adalah skill ‘physical’ yang membuatmu bertukar posisi dengan target. Kelihatannya Ini adalah ulti yang penggunaannya sangat simple,. tapi sebenarnya juga dibutuhkan banyak pengalaman dan refleks yang bagus, serta target yang ‘tepat’ untuk menghasilkan efek yang sangat LUAR BIASA.

casting range yang sangat jauh membuatmu bisa menguasai target bokongan dimanapun posisinya dengan radius 600/900/1200 range

Spoiler Screenshot





Untuk lebih jelasnya inilah Kegunaan utama skill ini, ada empat:


Menolong teman!

Yaitu AKsi heroik yang akan kamu lakukan, menolong temanmu dengan menukar posisinya saat dikejar musuh dalam kondisi kritis, sedekat apapun jaraknya itu akan membantu. Jadi selalu siaga ngeswap kalau temanmu terlalu ‘maju’.

Spoiler Screenshot




Menculik Musuh!

AKsi heroik juga, lakukan saat ngebokong dan war. Kalau Yang ini bicara soal mempertaruhkan nyawa (terutama saat war), dengan ngeswap musuh yang paling berbahaya dan harusnya mati pertama, melakukan itu seringkali akan membuatmu terbunuh, Tapi jangan merasa dirugikan.. karena kalau targetmu ‘tepat’ keuntungan tetap ada ditangan timmu. Sama seperti prinsip melakukan barter (jaman nenek moyang kita dulu :p) berusaha menukar barang dengan yang lebih berharga, jangan yang lebih ‘murah’, wkakwka

Jadi saat war yang menjadi Targetmu fokus dulu ke carry nya, kalau tidak ada baru disabler atau tankernya. Tukar posisinya di area temanmu supaya target bisa langsung dieksekusi setelah swap. Dan kamu akan berada di area musuh, kalau tidak segera lari (kabur) lakukan pertahanan sebisa mungkin sebelum datang bantuan dari temanmu.

Spoiler Screenshot




‘Menangkap’ musuh yang kabur!

Casting range skill ini dua kali lebih jauh dari attack range semua hero (kecuali sniper ;p) dan itu bisa dimanfaatkan untuk mencegah musuh sekarat yang sudah kabur jauh lolos. Swap dia sebelum menghilang di FoW dan habisi. Sebagai contoh..

Huskar mencoba kabur.

Spoiler Screenshot




Venge ngeswap dia.. dan Ursa langsung bertindak :D

Spoiler Screenshot




Kabur!

Kalau tidak digunakan saat war, bisa digunakan sebagai alat untuk kabur.

Spoiler Screenshot




SS Diatas target swapnya memang musuh, Tapi kalau di arah kabur Cuma ada teman pikir-pikir dulu sebelum ngeswap dia, jangan sampai kamu malah membuatnya terbunuh,

Spoiler Screenshot




Sebenarnya masih banyak kegunaan lain, tapi biasanya malah disalahgunakan untuk ngerjain orang atau teman sendiri :p

NS menghasilkan efek ministun dan bisa menghentikan channeling spell termasuk yang sedang spell immune. Tapi sebaiknya selalu gunakan di awal war atau gunakan saja membuka war dengan menukar posisi dengan disabler atau carry musuh. Dan kalau membeli aghanims kamu bisa menggunakan skill ini minimal 2 kali setiap war.

Jadi sudah ngerti kan kenapa icefrog memberi Venge Ulti seperti ini? Kamu sebagai pemakai Venge mau tidak mau harus siap mengambil resikonya, dan tanggung jawab untuk menolong teman tanpa memperdulikan keselamatan sendiri. bersedia? Harus ! Karena Kalau tidak, maaf berarti kamu memang masih harus mengenal Venge lebih dalam lagi :)




Skill Build


Build Standar

1. Magic Missile
2. Wave of Terror
3. Magic Missile
4. Command Aura
5. Magic Missile
6. Nether Swap
7. Magic Missile
8. Wave of Terror
9. Wave of Terror
10. Wave of Terror
11. Nether Swap
12. Command Aura
13. Command Aura
14. Command Aura
15. Stats
16. Nether Swap
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Build venge yang paling sering digunakan dan sebenarnya memang build yang paling mantap untuk venge yang perannya sebagai Ganker. Build yang tepat untuk Dual stunner atau triple lane, dengan memaksimalkan damage dan durasi stun, serta minus armor dari wave of terror. Satu level command Aura di early untuk tambah-tambah damage, dan Ulti selalu diambil pada waktunya.



Spesial Build :

Hard Farmer-pusher!

1. Magic Missile
2. Command Aura
3. Magic Missile
4. Command Aura
5. Magic Missile
6. Nether Swap
7. Magic Missile
8. Command Aura
9. Command Aura
10. Wave of Terror
11. Nether Swap
12. Wave of Terror
13. Wave of Terror
14. Wave of Terror
15. Stats
16. Nether Swap
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Build ini yang tepat kalau kamu selane dengan pusher. kamu dan teman selane akan melakukan farm dan hard push di lane. magic missile maksimum tetap dibutuhkan, dan yang menjadi ‘kunci’ disini adalah command Aura. bonus damage sangat mempermudah last hit-deny termasuk untuk nyicil tower. Sebenarnya ini build venge paling populer di B-net, tapi hampir tidak pernah digunakan di turnamen/kompetisi :)



Venge Roamer Early!

1. Magic Missile
2. Stats
3. Magic Missile
4. Stats
5. Magic Missile
6. Nether Swap
7. Magic Missile
8. Wave of Terror
9. Command Aura
10. Command Aura
11. Nether Swap
12. Command Aura
13. Command Aura
14. Wave of Terror
15. Wave of Terror
16. Nether Swap
17. Wave of Terror
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Build yang cukup unik buat VS, dan cukup sering menjadi build untuk competitive game. VS termasuk roamer early yang paling diperhitungkan. magic missile tetap yang pertama mentok, beberapa stats sangat penting untuk menambah kapasitas Mana dan ketahanan karena kamu Full roaming, dan hero roamer biasanya sangat ketinggalan level.

0 Responses so far.

Posting Komentar