Minggu, 18 November 2012 di 04.17 Diposting oleh M_Alihartono 0 Comments


INTRO


Invoker adalah Hero Spell caster. Tp dia tidak sama dengan nukers atau hero INT kebanyakan, hero ini tidak hanya berbahaya di early game, malah semakin late, hero ini akan menjadi semakin berbahaya.

Dengan ketiga orb nya yaitu Quas, wex, dan Exort dia bisa menciptakan 10 spell, woaah.. Dia memang hero yang memiliki spell terbanyak di DotA, dan dengan spell2 nya itu, dia bisa menguasai seluruh hero di sepanjang battle. Tapi karena build nya sulit, jadi invoker kurang cocok dimainkan oleh nubie : )

Hero ini seperti merupakan gabungan dari berbagai hero, yang potensinya digabungkan menjadi satu. Jadi dia bisa berperan menjadi siapa saja, dan buildnya pun sangat bervariasi.

Oke, kalau begitu selamat menikmati, Guide hero yang Paling KOMPLEKS yang ada di DotA... tapi sebelumnya kuharap kamu punya banyak waktu untuk membaca dan memahaminya.. karena Guide ini memang panjang dan kompleks banget, hehehe..

Spoiler Statistik Hero







Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN

1. Hero dengan skill Terbanyak di DotA
2. Sangat-sangat serbaguna, bs berperan menjadi siapapun
3. bs Menguasai early-mid – bahkan late game
4. Bs menjadi counter dari seluruh hero di sepanjang battle..
5. Termasuk Pusher yang sangat tangguh
6. Aset yang paling berharga saat WAR
7. Sangat menyenangkan memainkan hero ini ^^


KELEMAHAN

1. Hero yang Paling kompleks, dan Sulit Dimainkan.
2. Tidak Ada Bonus Stats dan pertmbuhan STR nya parah
3. HP nya sangat sedikit, sangat mudah dibunuh.
4. termasuk Target pertama dan utama disable musuh ;(
5. sangat Susah menguasainya, butuh pengalaman dan waktu yang tidak singkat
6. Sulit menguasai masing2 spell nya
7. Sangat sangat Membutuhkan kecepatan tangan





SKILL

Quas


Gives 1 HP regen per level per instance.

Level 1 - 1.0 HP/sec per instance
Level 2 - 2.0 HP/sec per instance
Level 3 - 3.0 HP/sec per instance
Level 4 - 4.0 HP/sec per instance
Level 5 - 5.0 HP/sec per instance
Level 6 - 6.0 HP/sec per instance
Level 7 - 7.0 HP/sec per instance

# Menambah 2 STR per level skill ini


QUAS, adalah skill bonus regen HP mu. Untuk Spell, yang dihasilkan dari quas kebanyakan digunakan untuk keperluas slow dan disable, artinya spell2 Quas sangat berguna untuk pertahanan juga. Untuk penggunaan Orb nya, Quas digunakan untuk keperluan regen atau nge-tank.

Regen :
Quas memberimu regen HP, jadi gunakan untuk mengisi HP mu, terutama kalau km sekarat.

Karena memberi regen, jadi skill ini sangat penting di early game, jadi minimal ambil 1 level skill ini di early, apapun skill build mu, karena orb ini sangat penting.


Nge- Tank :
Bukan berarti Invoke adalah full tanker, tp statement ini kubuat karena invoke memang punya potensi nge-tank dengan Quas. Karena memang kael punya regen HP secepat regen para Tanker. Untuk early, skill ini membantumu bertahan lama di lane, karena dicicil berapa kalipun regenmu akan menutupi. Selain itu, orb ini juga berguna saat km ngutan ^^



Wex


Gives 2% AS and 1% MS per level per instance.

Level 1 - 2% attack speed and 1% movement speed per instance
Level 2 - 4% attack speed and 2% movement speed per instance
Level 3 - 6% attack speed and 3% movement speed per instance
Level 4 - 8% attack speed and 4% movement speed per instance
Level 5 - 10% attack speed and 5% movement speed per instance
Level 6 - 12% attack speed and 6% movement speed per instance
Level 7 - 14% attack speed and 7% movement speed per instance

# Menambah 2 AGI per level skill ini


WEX adalah orb untuk Kecepatan. Memberimu keperluan DPS, baik MS maupun AS. Spell yang dihasilkan wex sangat bervariasi dan unik, bahkan km punya potensi carry dengan orb ini. Ada dua fungsi utama orb ini, yaitu kabur dan ngejar..


Kabur :
Menambah MS artinya untuk kabur donk, kabur dari serangan2, atau untuk nge-block spell. Base MS invoker sangat buruk, tp dengan orb ini kekurangan itu akan tertutupi, bahkan kalau orb ini mentok, invoker bs mencapai maksimum MS, kalau ditambah spatu.


Ngejar :
Sebenarnya invoker kurang cocok sebagai chaser, menambah MS memang baik buat ngejar juga, tp km akan lebih membutuhkan item /spell daripada hanya memanfaatkan orb ini aj untuk ngejar..



Exort


Gives 3 damage per level per instance.

Level 1 - 3 damage per instance
Level 2 - 6 damage per instance
Level 3 - 9 damage per instance
Level 4 - 12 damage per instance
Level 5 – 15 damage per instance
Level 6 - 18 damage per instance
Level 7 - 21 damage per instance


# Menambah 2 INT per level skill ini


EXORT adalah orb favorit semua orang. Karena memang Damage lah yang paling membantu. Naikin orb ini akan memperlihatkan potensi terbesar Nuking hero ini. Invoker menjadi killer yang kompeten di early game dengan Build Exort.

Ganking :
Damage juga termasuk modal untuk nge-bokong, harusnya km menggunakan Exort kalau mau Bunuh. Sebenarnya Wex bisa menghasilkan DPS yang sangat tinggi, tp itu kalau levelnya wex lebih tinggi dari exort. Orb ini jg sangat membantu nyicil dan last hit di early game. Jadi kalau mau nge-bokong, selalu ingat ganti orb mu menjadi exort dulu.


Push :
Damage sudah pasti sangat dibutuhkan saat Pushing dan nge-gank, damage yang baik untuk nge-push dgn cepat. Sekali lagi, wex sebenarnya bs menghasilkan DPS yang sangat baik untuk Push kalau levelnya lebih tinggi dari Exort. Tp jangan lupakan kalau Orb ini juga akan mempermudahmu mendapatkan last hit di early game : )



Invoke


Combines the properties of the elements currently being manipulated, creating a new spell at the Invoker's disposal. The invoked spell is determined by the combination of Quas, Wex and Exort.

Level 1 - Can have 1 invoked spell, 22 (16*) seconds cooldown
Level 2 - Can have 2 invoked spells, 17 (8*) seconds cooldown
Level 3 - Can have 2 invoked spells, 12 (4*) seconds cooldown
Level 4 - Can have 2 invoked spells, 5 (2*) seconds cooldown

Mana Cost : 20/40/60/80 (0*)
*Dengan Aghanim’s Scepter

- Kelihatannya memang seperti sebuah ‘buku’, semacam buku ramuan gt. Tapi Invoke adalah Skill, yang menjadi skill Ultimate mu.
- km bisa menaikkanskill ini sampai sampai level 4 o.O
- Di level 1 skill ini, km sudah bisa membuat spell yang merupakan hasil dari kombiasi orb-orb yang km aktifkan.
- Spell yang km buat dengan invoke, tidak akan terganti sampai km menggantinya dengan kombinasi orb lain dengan menggunakan invoke.
- Km bs mengubah orb yang km gunakan setelah membuat spell, tanpa mengubah spell yang telah km hasilkan itu.
- Kalau spell yang km hasilkan sudah digunakan, km TIDAK bs nge-refresh cooldown spell itu dengan nge-invoke ulang spell itu, jadi km hanya membuang –buang mana.
- Kalau km sudah punya 2 spell, membuat spell baru akan menggantikan salah satu spell mu yang sedang aktif, yaitu spell yang lebih dulu km buat.
- km bs melihat daftar spell dan Orb serta hotkeys ap yang km butuhkan untuk membuat spell itu dengan mengetik –invokelist (khusus untuk pemakai invoker aj)


Hasilnya akan muncul di screen seperti ini..

Spoiler Screenshot




Orb Awareness :
Selalu perhtikan orb ap yang sedang km aktifkan, jangan sampai km salah mengaktifkan orb di situasi yang salah, misalnya km sedang nge-bokong, tp km malah menggunakan orb Quas. jadi selalu ubah orb yg km aktifkan dengan Exort sebelum ngebokong.

Orb yang km aktifkan akan diurutkan mulai dari yang lebih dulu km aktifkan, dan kalau mengaktifkan lebih dari 3 kali, orb baru itu akan menggantikan orb yang km aktifkan paling pertama lalu akan begitu seterusnya. Jadi selalu ingat jg orb apa yang lebih dulu km aktifkan, sebaiknya hapal urutannya, karena itu akan membantumu mengubah-ubah spell atau mengubah2 orb dengan mudah.

Misalnya km ingin membuat Forge Spirit, kombinasinya adalah 1 quas dan 2 Exort, sebaiknya urutannya dibuat lebih mudah, jadi urutannya JANGAN Exort-Exort-Quas, atau Exort-Quas-Exort, tapi urutan yang benar adalah QUAS – EXORT – EXORT, karena itu akan mempermudahmu mengubah quas menjadi Exort untuk memanfaatkan 3 Exort saat mau nge-bokong.

memang sangat dibutuhkan jari yang amat GESIT dan daya ingat yang akurat jg sih ^^, tp itu hanya permulaan aj. Km ga akan pernah membayangkan betapa sibuknya Jari-jarimu nanti kalau km sudah punya Aghanim’s Scepter.. hahaha.. dimana km bs mengubah-ubah spell setiap DUA DETIK.. wew.


Rencana/persiapan :
Nah..km butuh Rencana/Persiapan untuk penggunaan invoke, apalagi kalau ingin melakukan combo spell, terutama di early game, dimana cooldown skill ini paling lama dan masih dibatasi untuk 1 spell aj.

sebaiknya km mengambil/mengubah spell sebelum km mulai nge-bokong, dan km harus memutuskan spell ap yang akan km ambil pertama, lalu berikutnya apa..., kenali situasi dan kemungkinannya, spell ap yang pertama km butuhkan saat itu.

Setelah mengambil spell pertama, Usahakan tunggu sampai cooldown Invoke hampir selesai sebelum mulai menyerang, sehingga km bisa cepat2 mengubah spell untuk digunakan berikutnya, atau bisa dengan cepat mengubah rencanamu, misalnya bersiap untuk kabur dengan ghost walk sebagai spell kedua untuk kabur.


Cold Snap


Skill invokes if Kael has 3 Quas instances. Invoker draws the heat from an enemy, chilling them to their very core for up to 6 seconds based on Quas. Any damage taken in this state will briefly stun them for 0.4 seconds and deal 30 damage. Triggers cooldown between stuns goes from 0.8 to 0.6 seconds based on Quas.

Duration : 3 – 6 s
Casting range: 1000
Mana Cost: 100
Cooldown: 20

- Efek durasi dan cooldown stun nya berdasarkan Level Quas.
- Durasi Cold snap 3 / 3.5 / 4 / 4.5 / 5 / 5.5 / 6 detik, per level Quas
- Cooldown Stun nya 0.7715 / 0.7430 / 0.7145 / 0.6860 / 0.6575 / 0.6290 / 0.6005 detik, per level Quas
- Tipe Damage Magical, (dikurangi resistance dan di block spell immunity)
- Minimum 10 damage untuk memicu ministun.



Ghost Walk


Skill invokes if Kael has 2 Quas and 1 Wex instances. Invoker manipulates the ice and electrical energies around him, rendering his body invisible. The elemental imbalance created as a consequence slows nearby enemies by up to 40% based on Quas, and Invoker from 30 to 0% based on Wex.

AoE : 400
Mana Cost: 200
Cooldown: 60
Duration : 100 s

- Efek Slow untuk MUSUH berdasarkan level Quas
- Nge-Slow MS musuh sebanyak 20% / 23% / 26% / 30% / 33% / 36% / 40%, per level Quas
- Efek slow untukmu sendiri berdasarkan Level Wex
- Nge-slow MS mu sebanyak 30% / 25% / 20% / 15% / 10% / 5% / 0%, per level Wex
- Efek slow nya ngefek ke musuh yang sedang Magic immune



Tornado


Skill invokes if Kael has 1 Quas and 2 Wex instances. Unleashes a fast moving tornado that picks up enemy units in its path, suspending them helplessly in the air shortly before allowing them to plummet to their doom. Deals 375 damage based on Wex and Quas, with distance up to 3100 based on Wex. Holds enemies in the air for up to 2.2 seconds based on Quas.


AoE : 200
Casting range: 2000
Mana Cost: 150
Cooldown: 30
Duration : 0.8 – 2.5 s


- Rumus Perhitungan damage nya adalah 70 + ((Level Quas+Level Wex) x 20
- lama durasinya berdasarkan Level Quas
- Lama durasinya adalah, 0.8 / 1.1 / 1.4 / 1.7 / 2.0 / 2.3 / 2.5 detik,per level Quas
- jarak yang bs ditempuh tornado ini berdasarakan level Wex
- Jaraknya adalah, 800 / 1200 / 1600 / 2000 / 2400 / 2800 / 3200 range, per level Wex
- Tipe damage Magical, (dikurangi resistance dan damage nya di block oleh spell immune)



EMP


Skill invokes if Kael has 3 Wex instances. Invoker builds up a charge of electromagnetic energy at a targeted location which automatically detonates after 2-4 seconds based on Wex. The detonation covers a 700 area, draining up to 400 mana based on Wex. Deals 0.5 damage for each point of mana drained.


Casting range: 600
Area of Effect: 700
Mana Cost: 125
Cooldown: 30

- Damage nya adalah 0.5 X total mana yang di burn
- Efek Mana Burn nya berdasarkan level Wex
- Nge-burn mana sebanyak, 100 / 150 / 200 / 250 / 300 / 350 / 400, per level Wex
- Delay terpicu (meledak) nya berdasarkan Level wex
- Delay sebelum ‘meledak’ adalah, 4 / 3.67 / 3.33 / 3 / 2.67 / 2.33 / 2, per level Wex
- Skill ini ngefek ke Magic immunity
- Tidak menyerang target Invulnerable, termasuk yang sedang kena Tornado
- Tipe damage : berdasarkan total mana yang di burn
- Target akan terkena damagenya dulu sebelum Mana nya di burn, artinya skeleton king dengan reincarnation masih bs melakukan reinkarnasi kalau dibunuh dengan damage spell ini.


Alacrity


Skill invokes if Kael has 2 Wex and 1 Exort instances. Invoker infuses an ally with an immense surge of energy, increasing their attack speed to a maximum of 90% based on Wex and damage up to 80 based on Exort for 8 seconds.

Casting range: 650
Mana Cost: 100
Cooldown: 15
Duration : 9 s

- Bonus Attack Speed nya berdasarkan Level wex
- Menambah AS sebanyak, 20%/ 30% / 40% / 50% / 60% / 70% / 80% , per level Wex
- Bonus Damage nya berdasarkan Level Exort
- Menambah Damage sebanyak, 30 / 40 / 50 / 60 / 70 / 80 / 90, per level Exort
- Bisa digunakan ke Mechanical Unit.



Chaos Meteor


Skill invokes if Kael has 1 Wex and 2 Exort instances. Invoker pulls a flaming meteor from space onto the targeted location. Upon landing, the meteor rolls forward dealing up to 260 damage per second based on Exort for up to 1550 range based on Wex. Deals minor residual damage to units that get hit.

Casting range: 700
Area of Effect: 300
Mana Cost: 200
Cooldown: 55


- Ada Delay selama 1.3 detik sebelum meteor menyentuh tanah dan menghasilkan damage
- Target yang berada di 300 AoE meteor akan terkena ‘main damage’ setiap 0.5 detik, lalu akan terkena ‘burn damage’ setiap 1 detik selama 3 detik.
- jarak tempuh meteor berdasarkan level wex
- Jarak tempuhnya adalah, 465 / 615 / 780 / 930 / 1095 / 1245 / 1410, per level Wex
- Efek Damage meteor berdasarkan Level Exort
- Main Damagenya,57.5 / 75 / 92.5 / 110 / 127.5 / 145 / 162.5 setiap 0.5 detik, per level Exort
- Burn Damagenya, 11.5 / 15 / 18.5 / 22 / 25.5 / 29 / 32.5 setiap detik, per level Exort
- Tipe Damage Magical (dikurangi resistance, di block oleh spell immune )


Sun Strike


Skill invokes if Kael has 3 Exort instances. Sends a catastrophic ray of fierce energy from the sun at any targeted location after a 1.7 second delay, incinerating all enemies standing beneath it. Deals 100-475 damage based on Exort which is spread over all enemy units within its 175 AoE.

Casting range: Global
Area of Effect: 175
Mana Cost: 175
Cooldown: 30

- Tipe damage: Pure
- Damagenya berdasarkan level Exort. Kemudian akan terbagi lagi berdasarkan jumlah musuh di AoE.
- Damagenya adalah, 100 / 162.5 / 225 / 287.5 / 350 / 412.5 / 475, per levenya
- Menyerang area di 175 AoE
- Ada delay selama 1.7 detik sebelum sunstrike menyerang di AoE
- Kamu mendapat EXp dari setiap musuh yang mati dengan menggunakan skill ini dimanapun kamu membunuhnya.





Forge Spirit


Skill invokes if Kael has 1 Quas and 2 Exort instances. Invoker forges a spirit embodying the strength of fire and fortitude of ice. Armor, damage and life is based on Exort while Mana, duration, and attack range is based on Quas. The elemental's scorching attack is capable of melting the armor on enemy heroes by 1 each hit to a maximum of 10 for 5 seconds. By maxing Quas and Exort, Invoker is capable of creating 2 spirits instead of 1.


Mana Cost: 75
Cooldown: 30
Duration : 20 – 80 s

- kalau Exort dan Quas sama-sama level 4 atau lebih, km mendapat 2 spirit.
- Hanya 1 grup ( 1 atau 2 spirit) yang bisa muncul dalam satu waktu.
- Forge Spirit punya orb attack Autocast, yang mengurangi 1 armor untuk 40 Mana cost per attacknya.
- Durasi, armor, dan Mana Forge Spiritmu berdasarkan Level Quas
- Durasinya adalah, 20 / 30 / 40 / 50 / 60 / 70 / 80 detik, per level Quas
- Armor Spirit sebanyak, 2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 7 / 8, per level Quas
- Mana Spirit sebanyak, 100 / 150 / 200 / 250 / 300 / 350 / 400, per level Quas
- Damage, HP, dan Attack Range Spirit berdasarkan level Exort.
- Damage spirit sebanyak, 29 / 38 / 47 / 56 / 65 / 74 / 83, per level Exort
- HP spirit, sebanyak, 300 / 400 / 500 / 600 / 700 / 800 / 900 , per level Exort
- Attack Rangenya sejauh, 300 / 400 / 500 / 600 / 700 / 800 / 900, per level Exort



Ice Wall


Skill invokes if Kael has 2 Quas and 1 Exort instances. Generates a wall of solid ice directly in front of Invoker for up to 12 seconds. The bitter cold emanating from it greatly slows nearby enemies based on Quas and deals up to 42 damage each second based on Exort.

Area of Effect: 105
Mana Cost: 175
Cooldown: 25
Duration : 3 – 12 s

- Efek Slow dan durasinya berdasarkan level Quas
- Nge-slow MS sebanyak, 20% / 30% / 40% / 50% / 60% / 70% / 80%, per level Quas
- Durasi ice wall selama, 3 / 4.5 / 6 / 7.5 / 9 / 10.5 / 12 detik, per level Quas
- Efek DPS nya berdasarkan Level Exort
- DPS nya sebanyak, 6 / 12 / 18 / 24 / 30 / 36 / 42, per level Exort
- Tipe Damage Magical (dikurangi resistance, di block spell immunity)
- Tidak men-disable Magic Immune



Deafening Blast


Skill invokes if Kael has 1 Quas, 1 Wex and 1 Exort instances. Invoker unleashes a mighty sonic wave in front of him, dealing up to 280 damage to any enemy unit it collides with based on Exort. The sheer impact from the blast is enough to knock those enemy units back for a maximum of 1.75 seconds based on Quas, in addition to preventing their attacks for a further 1-4 seconds based on Wex.

Casting range: 1000
Area of Effect: 250
Mana Cost: 200
Cooldown: 40
Duration : 1 – 4 s

- efek durasi ‘knockback’ nya berdasarkan level Quas
- Durasi Knockbacknya, 0.25 / 0.5 / 0.75 / 1 / 1.25 / 1.5 / 1.75 detik, per level Quas
- Efek spell ini juga adalah membuat target tidak bisa menyerang dengan normal attack. Durasi efek itu berdasarkan level Wex.
- Durasinya adalah, 1 / 1.5 / 2 / 2.5 / 3 / 3.5 / 4 detik, per level Wex
- efek Damage nya berdasarkan level Exort
- Damagenya adalah, 40 / 80 / 120 / 160 / 200 / 240 / 280, per level Exort
- Skill ini menggagalkan Channeling Spell





SKILL BUILD

Nah, ini bagian yang paling penting. Skill Build Invoker sangat bervariasi dan kompleks, semua tergantung dari gaya bermain masing2 pemain. Ketahuilah bahwa Skill Build nya lah yang PALING menentukan kesuksesanmu nge-build Invoker nantinya, jadi sy membuat banyak alternatif build, cari tahu aj yang mana yang cocok buatmu.

Disini dibagi tiga kategori Build, yang pertama adalah Single Orb Build, lalu Double Orb Build, dan Build Variasi / Modifikasi.


A. SINGLE ORB

Untuk kategori ini km harus Fokus mentokin 1 orb dulu, lalu mentokin orb kedua, dan mentokin orb terakhir. Kenapa harus fokus ke satu orb? Karena build ini akan memberimu potensi penuh dari salah satu orb di satu waktu.

Jadi km harus menentukan Orb mana yang akan km mentokin pertama, lalu berikutnya apa. Km harus fokus mentokin 1 orb secepat mungkin, perhitungkan orb mana yang paling km butuhkan di early untuk Build mu, perhitungkan juga siapa yang menjadi musuh di lane mu,dll. Jd Orb pertama adalah A, orb kedua adalah B, dan orb terakhir adalah C.


1- A
2- Invoke
3- A
4- B
5- A
6- C
7- A
8- Invoke
9- A
10- B
11- A
12- Invoke
13- A
14- B
15- B
16- B
17- Invoke
18- B
19- B
20- C
21- C
22- C
23- C
24- C
25- C

Orb A adalah yang harus pertama mentok, harusnya orb itu yang paling km butuhkan di awal game. Di level 13, orb itu akan mentok. Lalu lanjut fokus ke orb B, dan seterusnya. Tp kenapa orb C di level 6? Karena apapun build mu, km butuh semua orb mu di early game :)

Jadi, untuk fokus build, akan terbentuk lagi 6 jenis build, yang dibedakan berdasarakan orb pertama dan orb kedua yang lebih dulu dimentokin.



1. Quas - Wex Build (QW)


Orb A atau orb yang pertama mentok adalah Quas, dan Orb B adalah Wex

Kelebihan :
- Pertahanan yang sangat baik, dengan regen HP dan bonus MS nya.
- Efek spell disable yang sangat baik
- Sangat cocok untuk invoker tipe Pusher

Kekurangan :
- Attack Damage kurang
- Ga ada spell Buff

Spell yang Km gunakan (yg efeknya paling bagus di build ini ) :

Early game - Cold Snap, Tornado, ice wall, defeaning Blast
Mid Game - Cold Snap, Tornado, Deafening Blast, Ice Wall, Ghost Walk
Late Game - Cold Snap, Tornado, Deafening Blast, EMP, Ice Wall, Alacrity, Ghost Walk



2. Quas - Exort Build (QE)


Orb A adalah Quas, dan Orb B adalah Exort.

Kelebihan :
- Pertahanan yang cukup baik.
- Sangat cocok untuk Invoker tipe Ganker

Kekurangan :
- susah ‘kabur’, ga punya skill kabur
- Damage kurang di early

Spell yang kamu gunakan :

Early Game - Cold Snap, Ice Wall, Tornado, Deafening Blast
Mid Game - Cold Snap, Ice Wall, Forge Spirits, Deafening Blast
Late Game - Cold Snap, Forge Spirits, Ice Wall, Chaos Meteor, Deafening Blast, Sunstrike, Alacrity




3. Wex – Quas Build (WQ)


Orb A adalah Wex, dan Orb B adalah Quas

Kelebihan :
- Efek dari Spell disable sangat baik di early
- Mobilitas tinggi

Kekurangan :
- Pertahanan kurang di early
- Damage kurang

Spell yang km gunakan :

Early Game - Cold Snap, Tornado, EMP
Mid Game - EMP, Tornado, Cold Snap, Deafening Blast, Alacrity
Late Game - Cold Snap, Tornado, EMP, Alacrity, Ice Wall, Deafening Blast, Ghost Walk



4. Wex - Exort Build (WE)


Orb A adalah Wex, lalu Orb B adalah Exort.

Kelebihan :
- Build ini naikin potensi DPS mu
- Damage yang sangat baik

Kekurangan :
- pertahanan kurang
- Efek spell disable sangat kurang

Spell yang km gunakan :

Early Game - Alacrity, EMP
Mid Game - EMP, Alacrity, Deafening Blast
Late Game - Alacrity, EMP, Chaos Meteor, Sunstrike, Deafening Blast



5. Exort - Quas Build (EQ)


Orb A adalah Exort, dan orb B adalah Quas.

Kelebihan :
- Efek Spell nuke yang sangat berbahaya.
- Best Build untuk menjadi Ganker dan Nukers (early hero)
- potensi magical dan physical damage seimbang.

Kekurangan :
- Kurang efektif untuk ngejar
- Jalanmu akan lelet

Spell yang km gunakan :

Early Game - Cold Snap, Forge Spirits, Sunstrike, Alacrity
Mid game - Chaos Meteor, Deafening Blast, Sunstrike, Cold Snap, Ice Wall, Forge Spirits
Late Game - Forge Spirits, Chaos Meteor, Deafening Blast, Cold Snap, Ice Wall, Sunstrike



6. Exort - Wex Build ( EW)


Orb A adalah Exort, dan orb B adalah Wex.

Kelebihan :
- Damage yang sangat baik
- Sangat mudah creeping / last hit

Kekurangan :
- Efek Spell disable (slow/stun) kurang
- Sangat mudah dibunuh. Ga ada regen.

Spell yg km gunakan :

Early Game - Cold Snap, Forge Spirits, Sunstrike, Alacrity
Mid Game - Chaos Meteor, Sunstrike, Alacrity, Deafening Blast
Late Game - Alacrity, Chaos Meteor, Deafening Blast, EMP, Sunstrike


B. DOUBLE ORB

Build ini fokus untuk naikin 2 orb di waktu yang sama. Artinya build ini fokus untuk naikin potensi Mid Game invoker, karena spell2 mu akan mencapai potensi maksimum di mid game Bersamaan. Build nya akan seperti ini..


1- A
2- B
3- Invoke
4- A
5- B
6- C
7- Invoke
8- A
9- B
10- A
11- B
12- Invoke
13- A
14- B
15- A
16- B
17- Invoke
18- A
19- B
20- C
21- C
22- C
23- C
24- C
25- C

Sama seperti single orb, tapi kali ini 2 orb akan km ambil bersamaan di early game, jadi ga harus fokus ke satu orb dulu. Dua orb yang km ambil harusnya yang paling km butuhkan saat itu, lalu orb lainnya ambil belakangan aj.

Jadi dari build ini, akan terbentuk lagi 3 jenis Build, dan karena 2 orb diambil bersamaan, jadi efek spell yang km kembangkan ada 3, yaitu Tornado, Alacrity, dan Forge Spirit. Nah.. masing2 build mengembangkan ketiga potensi Spell2 itu : )


1. Tornado Build (Quas + Wex)


Quas dan Wex diambil secara bergantian di early game.

Kelebihan :
- Potensi maksimum dari tornado di early game
- berguna untuk mengontrol lane dengan baik
- Efek Spell disable sangat baik di early.

Kekurangan :
- Build yang sangat beresiko -_-)
- Susah Creeping.

Spell yg km gunakan :

Early Game : Cold Snap, Tornado, Deafening Blast
Mid – Late Game : Cold Snap, Tornado, Deafening Blast, Ice Wall, Ghost Walk, Alacrity



2. Alacrity Build ( Wex + Exort )


Wex dan Exort diambil secara bergantian di early game.

Kelebihan :
- Potensi terbesar Alacrity di early game
- cocok untuk Invoker Support dengan naikin potensi Alacrity nya.

Kelemahan :
- Pertahanan kurang baik di early game.
- Tidak punya disable

Spell yg km gunakan :

Early Game : Alacrity, Sunstrike, Chaos Meteor
Mid – Late Game : Alacrity, Chaos Meteor, EMP, Sunstrike, Deafening Blast



3. Forge Spirit Build ( Quas + Exort )


Quas dan Exort diambil secara bergantian di early game.

Kelebihan :
- Potensi Terbesar Forge Spirit di Early game
- Mudah digunakan
- Bs creeping / push dengan sangat cepat

Kekurangan :
- Susah kabur, ga dilengkapi MS yang bagus

Spell yg km gunakan :

Early Game : Cold Snap, Sunstrike, Ice Wall, Forge Spirits
Mid – Late Game : Forge Spirits, Cold Snap, Ice Wall, Chaos Meteor, Sunstrike, Deafening Blast


C. Variasi / Modifikasi

1. Triple Orb Build

Extreme Build untuk Invoker, ga ada orb yang mesti mentok duluan, atau kedua, karena km akan mengambil ketiga orb secara bergantian, dan akan mentok di waktu yang hampir bersamaan.

Build ini sangat kurang efektif, karena km tidak akan mendapatkan potensi maksimal dari spell apapun di early atau mid game, semuanya akan km dapatkan hanya di late game saja, padahal beberapa spell punya potensi lebih di early/ mid game.

Tapi build ini tetap ada gunanya, karena km boleh memakai spell apapun yang km mau, karena efek yang dihasilkan dari orb untuk semua spell mu Sama bagusnya, jd ga ada yang kurang, ga ada yang lebih , alias Balance :)

1- Quas
2- Wex
3- Exort
4- Invoke
5- Quas
6- Wex
7- Exort
8- Invoke
9- Quas
10- Wex
11- Exort
12- Invoke
13- Quas
14- Wex
15- Exort
16- Quas
17- Invoke
18- Wex
19- Exort
20- Quas
21- Wex
22- Exort
23- Quas
24- Wex
25- Exort



2. Single Orb II

Build ini merupakan modifikasi dari Single orb Build. Jadi kalau single orb build, ada orb yang harus dimentokin pertama, kedua, dan ketiga. Tp Untuk build ini, km hanya harus mentokin 1 orb saja secepat mungkin, dan berikutnya km akan mengambil kedua sisa orb mu dengan pola ‘Double Orb’, atau mengambil nya secara bergantian pada waktu yang sama.

Build ini memang kurang efektif dari fokus build, karena orb kedua mu (yang artinya beberapa spell mu juga) tidak mencapai potensi maksimumnya di mid game, tapi bersamaan dengan orb ketiga di late. Tp Sebenarnya itu memberikan keuntungan juga, karena km bisa memanfaatkan banyak spell mu di sepanjang mid game, karena potensinya sama2 bagus.

Build ini sangat berguna untuk banyak situasi, terutama di situasi yang paling sulit kalau km menggunakan single orb build. Mengubahnya menjadi build ini bisa memberimu banyak spell yang potensinya sama untuk pertahanan di mid-late game.

Contoh Build ini, misalnya Orb pertama yang km mentokin adalah Wex, lalu setelah mentok, selanjutnya ambil quas dan exort secara bergantian sampai keduanya mentok.


3. Free Build (ciptakan Build mu sendiri )

Build invoker memang sangat bervariasi, tidak seperti hero-hero lain, yang sebagian berguna di awal, sebagian lg berguna di late. Semua Skill Invoker sangat berguna di sepanjang battle, artinya bukan lagi ada prioritas utama atau kedua, tp yang ada hanya ‘mengorbankan’ potensi skill itu klo mengambilnya belakangan, yah sudah pasti ada yang harus dikorbankan.

karena itu, sebenarnya km bisa menciptakan atau memodifikasi skill build mu sendiri, jadi ga ada aturan, ga ada batasan, bereksperiment aj, gunakan kreatifitasmu! :)

misalnya km menggunakan Forge spirit Build, dan km hanya mengambil 1 invoke saja di early game dan sama sekali tidak mengambil Wex, artinya di level 6 dan 7 km tetap ngambil Quas dan Exort, supaya km bisa mendapatkan 2 Forge sipirit di LEVEL 9.

Tp ingat build seperti ini akan sangat beresiko..wahaa..okay, selamat berkreasi ^^




0 Responses so far.

Posting Komentar